Layanan Electronic Theses and Dissertations (ETD) secara luring

Pemustaka adalah pengguna perpustakaan yang memanfaatkan layanan dan koleksi perpustakaan.

Pemustaka internal adalah pengguna perpustakaan yang memanfaatkan layanan dan koleksi perpustakaan yang merupakan sivitas akademika UGM (dosen, mahasiswa, dan staf kependidikan).

Pemustaka eksternal adalah pengguna perpustakaan yang memanfaatkan koleksi dan layanan perpustakaan yang berasal dari luar institusi UGM.

Persyaratan bagi pemustaka internal:
a.    Simaster; dan
b.    Akun SSO.

Persyaratan bagi pemustaka eksternal:
a.    Kartu mahasiswa/KTP/Kartu Sakti/Kartu Alumni UGM (Kagama); dan
b.    Surat Izin Masuk yang dikeluarkan oleh petugas information desk.

Pemustaka Internal

  1. Pemustaka internal melakukan pemesanan tempat secara daring melalui Simaster;
  2. Pemustaka datang ke ruang layanan ETD sesuai hari dan sesi pemesanan  dan melakukan konfirmasi kehadiran;
  3. Petugas memeriksa di sistem pemesanan tempat dan melakukan konfirmasi kehadiran pemustaka;
  4. Pemustaka menggunakan komputer akses layanan ETD sesuai nomor;
  5. Pemustaka log in ke sistem penelusuran ETD;  dan
  6. Pemustaka melakukan penelusuran dan mengakses topik-topik yang dibutuhkan melalui komputer selama sesi berlangsung.

Pemustaka Eksternal

  1. Pemustaka datang ke bagian information desk perpustakaan Universitas Gadjah Mada;
  2. Pemustaka menunjukkan kartu identitas (Kartu mahasiswa/KTP/SIM/Kartu Sakti/Kartu Alumni UGM (Kagama));
  3. Petugas information desk mengkonfirmasi apakah pemustaka memiliki kartu sakti/kartu Kagama atau tidak (jika pemustaka memiliki kartu sakti/Kartu Kagama maka tidak dikenakan biaya, jika pemustaka tidak memiliki kartu sakti/kartu Kagama, pemustaka dikenakan biaya sesuai dengan tarif yang berlaku);
  4. Petugas information desk memasukkan data di sistem, memilih kategori, lokasi, melakukan submit, mencetak, menandatangani dan menstempel surat ijin masuk;
  5. Petugas information desk menyerahkan surat ijin masuk kemudian mengarahkan lokasi layanan ETD;
  6. Pemustaka datang ke ruang ETD dan menunjukkan surat ijin masuk ke petugas layanan ETD;
  7. Petugas layanan ETD memeriksa surat ijin masuk;
  8. Petugas ETD membimbing pemustaka untuk membuat akun tamu pengunjung dari luar UGM;
  9. Pemustaka membuat akun tamu;
  10. Petugas layanan ETD mengarahkan pemustaka untuk mengakses koleksi ETD di komputer penelusuran yang sudah disediakan;
  11. Pemustaka log in ke sistem penelusuran ETD; dan 
  12. Pemustaka melakukan penelusuran dan mengakses topik-topik yang dibutuhkan melalui komputer.

1 (satu) sesi: 4 jam

  • Sivitas UGM: tidak ada biaya
  • Non-UGM: surat izin masuk dengan tarif yang berlaku

Akses file pdf skripsi, tesis, disertasi dalam ETD yang bisa dibaca di komputer selama 1 sesi (4jam)

a.    Pengaduan,  saran, dan masukan dapat disampaikan secara tertulis kepada Perpustakaan dan Arsip Universitas Gadjah Mada
Bulaksumur, Kotak POS 16, Yogyakarta, 55281
Telepon: 0274 513163
E-mail: library@ugm.ac.id
Instagram: @perpustakaan_ugm
WhatsApp: 0811 2944 064
Laman: lib.ugm.ac.id

b.    Menyampaikan pengaduan, saran, dan masukan langsung via Aspirasi UGM:
Telepon: 0274 6492599
Laman: aspirasi.ugm.ac.id

c.    Menyampaikan pengaduan, saran, dan masukan langsung via:
SMS    : 1708
Laman    : lapor.go.id